Pages Menu
TwitterRssFacebook
Categories Menu

Posted on Dec 9, 2012 in Artikel, Featured

Beri Sertifikat, BNPB Data Jumlah Relawan Bencana

Beri Sertifikat, BNPB Data Jumlah Relawan Bencana

KARANGANYAR, suaramerdeka.com – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) akan mendata jumlah relawan bencana yang dimiliki setiap daerah. Dengan data tersebut, nantinya data resmi jumlah relawan akan diketaui di setiap daerah.

“Setiap relawan yang sudah terdata akan diberikan sertifikat, dan mereka tercatat di BNPB. Ke depan, jika ada bencana yang terjadi, maka BNPB tinggal menyodorkan data base relawan yang akan diplot dalam penanganan dan evakuasi korban bencana,” kata Eny Surpatini, Kasubdit Peran Masyarakat BNPB.

Di sela-sela pemberian sertifikat kepada 200 relawan bencana Karanganyar, dia mengatakan saat ini tercatat sudah 14.000 relawan yang masuk data base BNPB. Sekaligus relawan itu terdata bersama organisasi yang menaungi di daerahnya.

“Di Jateng, kami sudah mendata sekitar 4.000 relawan yang sudah memegang sertifikasi dari BNPB, termasuk 200 orang dari Karanganyar ini. Untuk daerah, yang paling banyak terdata adalah Kabupaten Bangkalan, Madura, dengan jumlah relawan 2.000 orang yang sudah bersertifikasi,” jelasnya.

Didampingi Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyar, Aji Pratama Heru, dia mengatakan dengan terdatanya seluruh relawan di setiap daerah, maka koordinasi dan juga optimalisasi peran mereka dalam setiap paya penanggulangan bencana bisa dilakukan.

Contohnya, ketika suatu daerah terkena bencana, maka relawan yang paling dekat dari daerah itu dengan segera bsa dikerahkan. Termasuk relawan dari daerah penyangga. Jika Karanganyar terkena, maka Solo, Sukoharjo, Klaten dan lainnya dengan segera bisa dikerahkan membantu.

“Tidak hanya itu, keterampilan dasar yang dimiliki para relawan juga sudah diketahui. Jika terjadi banjir, tentu relawan yang memiliki keterampilan khusus penanganan di air, akan banyak berperan. Yang lainnya membantu,” kata Eny.

( Joko Dwi Hastanto / CN32 / JBSM )